Monday, April 29, 2013

Dermatitis Atopic

*cieh rajin nge blog* NYIAHAHAHAHA.. bawel deh..

edisi kali ini mo cerita tentang penyakit kulit yang akan selalu ada di Binar.. yaitu: Dermatitis Atopic (DA)..

dari awal Binar lahir kulitnya jarang banget mulus lus lus putih bersih seperti bayi pada umumnya.. hari pertama suka timbul merah-merah.. hari kedua pun juga.. sampe dibilang dr. Spa nya (yang waktu itu nerima Binar lahir dan kontrol harian di RS) gw disuruh pantang semuaaa makanan pencetus alergi! MAK!

pulang ke rumah merah-merah hilang.. gw sama nyokap berkesimpulan.. mungkin Binar gak bisa kena perlak karetnya RS ya.. soalnya di rumah pake perlak karet gw.. baek-baek aja.. apa karena itu dipake umum oleh bayi-bayi lain.. sedangkan di rumah khusus buat dia dan hanya dia seorang..

mengapa demikian berkesimpulan? gw dan nyokap punya alergi yang sangat aneh.. alerginya lebih ke alergi kontak (nyentuh sesuatu langsung bengkak ato merah-merah gatel)

gw alergi sama:
- minyak telon
- tensoplas
- make up punya orang yang gw pinjem..
*ngapain bo lo minjem make up orang??* hey darling.. dadarguling! nganu.. dulu jaman SMA.. ikutan vocal  group dan harus tampil di Plaza Senayan.. di make up-in lah ya pake punya orang.. pas nyanyi sih fine aja.. tapi dijalan pulang ke rumah.. kok mata pipi gatel.. pas sampe rumah ternyata mata gw udah bengep bengkak kayak Nobita abis digebuk Giant! pipi merah! gegara make up bukan punya sendiri.. astaga! awalnya agak gak percaya.. cuma karena berulang beberapa kali ahirnya yes akika gak bisa share make up sama orang..
- dan kadang kalo ikut ke pasar sama nyokap.. tangan gw suka tiba-tiba bengkak.. entah megang apaan!

nyokap:
sendal yang bahannya kayak CR*CS.. lebih ke kakinya yang sering alergi..
ANEH BUKAN?

bapaknya Binar:
dulu punya riwayat asma..

back to Binar..
pas kontrol 1 minggu ke dr. Endah.. di diagnosa terkenal Dermatitis Siboroik.. karena mukanya bruntusan jerawatan kuecil-kuecil.. dan di kepalanya ada ketombe.. makin bertambah umur ketombenya ilang.. namun si merah-merah di pipi dan leher (kadang) kok suka muncul.. dan dianya pun suka gosok-gosok mukanya karena gatel..

konsultasi via email dan SMS sama dr. Endah (udah di medan ceritanya) dan konsultasi juga dengan dr. Spa di Medan.. diagnosalah dengan pasti Binar terkena Dermatitis Atopic (DA).. apa sih Dermatitis Atopic? sila sila dibaca di sini dan di sini ya

sebagai seorang Ibu.. rasanya kalo anak kita sakit pasti rasanya "udah deh pindahin aja sakitnya ke gw kalo bisa.. gak tega!" dan itu pun selalu gw rasain setiap DA nya muncul.. masih bayi udah harus sering keganggu dengan gatel.. mukanya meraaah banget.. kadang suka kegaruk eh luka! gak tega! sungguh gak tega!

tapi pernah gak sih kulit Binar mulus? ya pernah dong! namun DA bukan tipe penyakit yang bisa hilang begitu saja.. itu akan timbul lagi ketika pemicunya selalu ada.. dan di Binar pemicunya adalah.. debu.. udara lembab dan air yang kotor.. yang diperlukan sebagai orang tua adalah stock sabar sabar dan sabar..

treatmentnya gimana?
kalo lagi DAnya muncul.. mukanya binar harus sering-sering di kompres dingin.. dan kalo gatel banget dikasih salep peredanya..
kalo lagi mulus.. dikasih pelembab dikulitnya dan mandi selalu dengan air dingin..

sampe saat ini  alhamdulillah DAnya udah bisa tertangani dengan baik.. munculnya juga udah jarang banget dan kadarnya pun ringan lah..

merah-merah di mukanya Binar itu DA nya dalam kadar ringan (dan foto ini pun udah di edit) :P

si geulis dengan si ibu
semoga kamu selalu sehat ya nak! Ibu dan Bapak sayang Binar

Regards,
-E-

No comments: